Bupati Situbondo Karna Suswandi Ingatkan 172 Peserta Kewirausahaan Jadi Bibit Unggul Kurang Angka Pengangguran

SITUBONDO, SIBERNEWS.CO.ID- 172 peserta pelatihan kerja berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) resmi dibuka Bupati Situbondo Karna Suswandi, pada hari Senin (22/4) kemarin di pendopo Aryo.

Dalam pembukaan acara, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan, agar peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius. Sehingga hal tersebut bisa membentuk diri untuk menjadi seorang wirausahawan untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Situbondo, Selasa (23/4/2024).

“Saya instruksikan Pak Kadis Ketenagakerjaan, untuk memfasilitasi kepada peserta pelatihan, seperti menghubungkan mereka dengan lembaga perbankan agar yang berminat berwirausaha bisa mendapatkan modal usaha,” ungkapnya.

Bung Karna juga berpesan, para pelatih kewirausahaan bisa menciptakan perusahaan-perusahaan kecil di Situbondo, untuk menyerap para pencari kerja.

Kepala Disnaker Kabupaten Situbondo, Kholil menuturkan, terdapat sepuluh jenis kompetensi dalam pelatihan kerja berbasis kompetensi ini, dengan jangka pelatihan selama 16 hari.

BACA JUGA :  Kasi Propam Polres Bondowoso Sosialisasikan Proyandu 24 Rebond

“Kompetensi tersebut antara lain memasak, prosesing kue, mengemudi, barista, pertukangan, menjahit, pemasaran, sablon, dan las roda tiga,” katanya.

Kholil juga mengungkapkan bahwa ada tiga jenis pelatihan yang paling diminati oleh peserta, yaitu pelatihan mengemudi, barista, dan menjahit.

“Seleksi peserta dilakukan melalui proses seleksi dan wawancara minat serta bakat, dan hasilnya terdapat 172 peserta,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Polsek Penengahan, Koramil 421.03/penengahan dan Warga Bantu Bedah rumah Warga Kampung Jering

Salah satu peserta pelatihan, Idris Hasyim, menyatakan bahwa ia memilih pelatihan las roda tiga. Ia berharap agar Disnaker dapat membuka peluang pelatihan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Situbondo.

“Saya memiliki minat dalam bidang pengelasan. Semoga melalui pelatihan ini saya dapat memperoleh banyak pengetahuan, sehingga dapat mandiri di masa depan,” tuturnya.

(Uday)

error: Content is protected !!