Penyematan Sebagai Warga Kopdat dan Matra Kepada Dandim 0825 Banyuwangi

Banyuwangi,SIBERNEWS.CO.ID – Sebagai wujud penghargaan Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Arh Joko Sukoyo, S. Sos. M. (Han) menerima penyematan sebagai warga kopat dan Matra bertempat di Warung Kemarang Perkebunan Kalibendo, Dusun Wonosari, Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, sabtu (11-05-2024)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Letkol Arh Joko Sukoyo, S. Sos. M. (Han), Kapten Kav I Made Selamat Danramil 0825/03 Glagah, para sesepuh suku oseng serta tamu undangan lainnya.

Penyematan ditandai dengan pemberian udeng atau penutup kepala khas suku Osing, pemasangan pin dari Komunitas Pelestari Adat Tradisi (Kopdat) dan Matra Masyarakat Adat Nusantara (Mantra) yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan ditutup Do’a.

BACA JUGA :  TNI Lanal Banyuwangi Laksanakan Isra' Mi'raj Di Masjid Al Iman Ketapang

Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Arh Joko Sukoyo, S. Sos. M. (Han),”menyampaikan dengan penyematan Dandim 0825/Banyuwangi sebagai Warga Kehormatan Kopat dan Matra, kini Kodim 0825/Banyuwangi juga ikut menjadi bagian dari Masyarakat Suku Osing dan pelestari Adat. “Juga sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, prajurit harus lebih dekat rakyat dan ikut mendukung pembangunan di daerah,”kata Dandim 0825 Banyuwangi

BACA JUGA :  Anniversary GRTL Adakan Acara Maulid Nabi Dan Seni Hadrah Ahbabus Sholawat Dari Desa Margomulyo

Penyematan sebagai warga kopat dan Matra, menurut Dandim merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan tersendiri baginya.

“Mengingat kearifan lokal, adat dan budaya daerah dengan ciri khasnya masing-masing, merupakan keragaman bangsa Indonesia yang harus dipertahankan dan dilestarikan untuk diwariskan kepada generasi penerus bangsa,”jelasnya. (herman)

error: Content is protected !!