banner 728x250

Peringati 1 Muharram Kepala Desa Sugihrejo Magetan Adakan festival Kirab Budaya dan sedekah Bumi, Sekaligus Santuni 25 Anak Yatim

banner 120x600

MAGETAN, SIBERNEWS.CO.ID – Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari kewajiban setiap keluarga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu. Hari ini Sabtu 3 Agustus 2024 bertempat di Punden Desa sugihrejo Kec.Kawedanan warga Desa Sugihrejo adakan Kirab Merti Bumi dalam rangka memperingati 1 Muharam.

Kepala Desa sugihrejo Mulyadi mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan untuk memperingati hari Muharam / bulan suro..dikarenakan bulan kemaren tidak hari yang cocok untuk bersih desa sugihrejo.akirnya kami bersama pemangku adat dan pemerintah desa untuk melakukan kegiatan bersih desa pada hari Jumat legi lanjut hari Sabtu kirab budaya dan sedekah bumi.

BACA JUGA :
BPD Sekecamatan Kawedanan Resmi Mendapat Perpanjangan Masa Jabatan 2 Tahun

“Dikarenakan bulan kemaren tidak hari yang cocok untuk bersih desa sugehrejo.akirnya kami bersama pemangku adat dan pemerintah desa untuk melakukan kegiatan bersih desa pada hari Jumat legi lanjut hari Sabtu kirab budaya sedekah bumi.”ucapnya

Acara kirab budaya dan sedekah bumi ini di ikuti oleh semua anggota perangkat desa,BPD,Karang Taruna,dan seluruh RT warga sugihrejo yang sebanyak 22 RT dengan setiap warga telah mengumpulkan hasil buminya untuk acara kirab nantinya.
Dalam acara ini juga ada santunan untuk anak yatim dari ibu-ibuk PKK untuk 25 anak yg terpilih di desa sugihrejo.

BACA JUGA :
Kapolres Magetan Tekankan Integritas dan Profesionalisme Panitia Pemilihan Kecamatan

“Acara ini di ikuti 22 RT di sugihrejo dengan harapan untuk memupuk tali silaturahim dan mendidik generasi muda sekarang untuk nguri nguri adat leluhur dan perjuangan para pendahulu kita dan semoga kedepannya acara serupa bisa lebih meriah dan baik, “pungkasnya..

Sedekah bumi sendiri merupakan wujud syukur masyarakat atas melimpahnya hasil panen serta harapan desa yang aman, damai dan warganya senantiasa diberi kesehatan.
Acara ini diadakan selama 2 hari ,sejak hari malam Jumat diawali doa bersama,hari Jumat tasyakuran di 3 punden dengan menyuguhkan berbagai kesenian lokal Langen Beksan Susilo permadi, dan dilanjut hari ini pementasan hiburan rakyat sejenisnya dan untuk kirab sendiri diikuti seluruh warga Rukun Tetangga se Desa sugihrejo. ( Rif )