Manfaatkan Anggaran DBHCHT Tahun 2023, RSUD Asembagus Lakukan 7 Kegiatan

Situbondo, SIBERNEWS.CO.ID _ Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asembagus Kabupaten Situbondo mendapatkan bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2023. Bantuan dana tersebut dipergunakan untuk beberapa kegiatan rumah sakit seperti pengadaan alat-alat serta pemeliharaan sebagai penunjang dalam pelayanan di rumah sakit tersebut, Rabu (15/11/2023)

Kasubag TU RSUD Asembagus Zainul Fatah, S.kep. saat ditemui di ruangannya menerangkan untuk dana DBHCHT ini rutin mendapatkan di tiap tahunnya. Ditahun 2023 ini dana tersebut dipergunakan untuk 7 kegiatan rumah sakit seperti pengadaan alat kesehatan, pengadaan obat-obatan, pengadaan bahan medis habis pakai, pengadaan prasarana IT, pengadaan prasarana ambulance, pemeliharaan gedung, dan pemeliharaan alat kesehatan”, Terangnya.

“Dengan adanya bantuan dari dana DBHCHT ini maka kami pergunakan untuk belanja semua item itu. Intinya itu untuk memenuhi pelayanan pada rumah sakit ini seperti rawat inap, pasien rawat jalan, gawat darurat, dan rujukan karena ada ambulance. Untuk obat-obatan dan bahan medis habis pakai ini juga dipakai untuk pelayanan terhadap pasien”, ungkapnya.

BACA JUGA :  Polres Situbondo Melaksanakan Patroli dan Razia Miras Ke Sejumlah Cafe

Lanjut Zainul Fatah menjelaskan bahwa dari 7 kegiatan pemanfaatan DBHCHT TA 2023 di RSUD Asembagus masing-masing ini mempunyai manfaat, seperti kegiatan pengadaan alat kesehatan ini untuk pemenuhan kelengkapan peralatan kesehatan, pengadaan obat-obatan untuk pemenuhan kebutuhan obat-obatan rutin, pengadaan bahan medis habis pakai untuk pemenuhan kebutuhan belanja bahan habis pakai. Kemudian ada pengadaan prasarana IT ini untuk menunjang kebutuhan rekam medis elektronik, ada pengadaan mobil ambulance ini sebagai tambahan sarana transportasi rujukan pasien. Ada lagi kegiatan pemeliharaan gedung ini untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, dan yang terakhir pemeliharaan kalibrasi alat kesehatan pemeliharaan ini rutin supaya alat tetap berfungsi dengan baik dan aman, “tutupnya. (Rama/Mindartok)

error: Content is protected !!