banner 728x250

Lahirnya Organisasi Para Janda di Banyuwangi, Apa Tujuanya!!

banner 120x600

Banyuwangi, SIBERNEWS.CO.ID _ Menjalani hidup sebagai Singgel parent alias janda kerap dipandang negatif, Bahkan Tak sedikit dari mereka di era modern ini masih saja diperlakukan diskriminatif oleh sebagian orang.

Realita kehidupan para ibu tunggal tersebut melatar belakangi ormas Balawangi membentuk Badan Otonom (BANOM) yang fungsinya melindungi hak asasi perempuan penyandang status janda di kabupaten Banyuwangi, propinsi Jawa Timur.

Dedik Hendrawan Ketua bidang Litbang dan kaderisasi Balawangi Mengatakan bahwa Organisasi perempuan Balawangi ini diberi nama Jaringan Anti Diskriminasi Wanita Banyuwangi (Jandawangi). Kamis (27/04/2023)

“Merupakan sarana penyalur aspirasi bagi para singgel parent Banyuwangi, juga sebagai wadah gerakan untuk mendorong meningkatnya kesejahteraan bagi kaum perempuan serta mendukung pencegahan kekerasan, diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan,” Jelasnya.

BACA JUGA :
Masyarakat Desa Bangring Menolak Adanaya TPS Yang Membahayakan Kesehatan Masyarakat Setempat

Didik menambahkan” Wanita Banyuwangi saat ini harus mulai sadar bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk akses sumber daya, Akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya”, ungkap Dedik.

Senada dengan Dedik, Agus Setyawan Ketua Umum (Ketum) Balawangi saat dikonfirmasi dikediamannya Menyampaikan, Jandawangi hadir sebagai manifestasi tujuan gerakan ormas Balawangi dalam membantu mewujudkan tujuan Negara sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas.

BACA JUGA :
KTT G20 Selesai, Bersama TNI AU Bandara Banyuwangi Sukses Dalam Pengamanan

“Jandawangi hadir ditengah-tengah perempuan karena melihat situasi dan kondisi dimana masih banyak perempuan di masa kini mengalami kekerasan hingga perlakuan yang mengarah ke arah diskriminatif”, terangnya.

Masih Agus, menurutnya, bagi mereka yang mengalaminya tentunya butuh dukungan semangat untuk terus berjuang agar tidak terus terpuruk.

“Jandawangi forum perempuan yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berbagi, saling memotivasi sesama Kaum Hawa, Serta sebagai wadah perempuan guna mengembangkan ketrampilan agar bisa berdaya bahkan tidak itu saja kaum hawa sudah saatnya memiliki kemampuan untuk melindungi diri secara total. Maka dalam hal ini Balawangi akan terus memberikan pembekalan kepada para janda yang telah ada di dalam Jandawangi”, pungkasnya. (Herman)