banner 728x250

TNI AL Sendang Biru Gerak Cepat Lansanakan Sar, Desa Sitiarjo

banner 120x600

Malang, SIBERNEWS.CO.ID _ Intensitas hujan cukup tinggi membuat sejumlah wilayah di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermajing Wetan kembali di landa banjir dengan ketinggian sekitar 447cm. Sabtu (15/10/2022)

Akibat adanya banjir aktifitas masyarakat kembali terganggu, luapan banjir di sebabkan dari sungai Penguluran akibatnya, luapan air masuk keperkampungan dan pemukiman warga.

Komandan Pos TNI AL Sendang Biru Lettu Laut (E) Diki Erlan Pranata. ” mengatakan atas kejadian banjir hari ini dengan ketinggian antara 447cm membuat aktifitas warga menjadi terganggu, Selain itu banyak rumah warga terendam air bercampur lumpur ” ucapnya.

Dari data yang diperoleh ada 4 titik yang terdampak banjir diantaranya Krajan kulon 109Kk, KrajanTengah 88Kk, Krajan Wetan 156Kk, dan Rowotrate 177Kk Total 530 KK tidak ada korban jiwa.

BACA JUGA :
Polri Datangkan Langsung KompolnasPantau Kinerja Tim Investigasi Kanjuruhan

Sungai Panguluran.Sekitar Pukul 05.30 WIB Tinggi Muka Air di Sungai Desa Kedung Banteng Mengalami Kenaikan hingga Kurleb 447 CM, hal ini mengakibatkan kampung di Hilir Sungai Panguluran Dusun Krajan Tengah Desa Sitiarjo mengalami Kenaikan dan sekitar Pukul 06.30 WIB

Air mulai memasuki rumah warga di Dusun Krajan Tengah dan Krajan Kulon sekitar 100cm s/d 150cm karena Hilir Sungai Panguluran di Pantai Ungapan tertahan oleh air laut pasang, menyikapi hal tersebut dari hasir koordinasi kewilayahan Personil POS TNI AL Sendang biru bergerak ke TKP laksanakan SAR bersama Unsur yang lain.

BACA JUGA :
Andi Sinjaya : Akan Saya Tindak Tegas Penimbun Minyak Goreng

Sekira Pukul 14.00 Wib semua pemukiman yang terdampak banjir sudah surut dan kembali normal.

Pukul 14.30 s/d Pukul 18.30 Wit Personil Pos TNI AL sendang Biru beserta SAR Gabungan membantu pembersihan dan membagikan nasi bungkus serta sembako kepada Warga yang terdampak banjir.

SAR Gabungan yang terlibat diantaranya Pos TNI AL Sendang Biru,BPBD Kab. Malang, Pemkec. Sumawe, Personil Polres Malang, Personil Polsek sumawe, Koramil sumawe, Perangkat Desa Sitiarjo, PMI Kab. Malang, Tagana kab. Malan, KSB Sumawe, Malang Selatan Rescu, Tanggu bencana GKJW, PSR dan MSR, Puskesmas Sitiarjo, SAR Awangg, Rescue 020, Masyarakat desa.

Diki menambahkan ” untuk desa Sitiarjo, Rowotrate dan Krajan ini memang kerap menjadi langganan banjir, Untuk itu kami selaku tiem setempat selalu berkoordinasi dengan instansi terkait melaksanakan siaga di lokasi kejadian banjir ” tambahnya

BACA JUGA :
Satpolpp Bondowoso Laksanakan Razia Hotel Dan Pemuda Pesta Miras,Berikut Hasilnya

Pantauan awak media diTKP(tempat kejadian perkara) TNI dan Polri bergotong royong membantu masyarakat. (dwi)