banner 728x250

SDN Dawuhan 3 Situbondo Latih Murid Dengang Bermain Alat Tradisional

banner 120x600

Situbondo, SIBERNEWS.CO.ID _ Nampak begitu bersemangat dalam sebuah ruangan Kelas yang berisi peralatan gamelan.selain bisa belajar dengan nyaman. Juga dapat berlatih seni karawitan. Mereka tidak menyangka bisa memainkan beberapa alat musik gamelan yang terkesan ruwet,njlimet dan berliku-liku,tetapi terasa indah dan mengasyikkan bila dimainkan. Murid SDN Dawuhan 03 Situbondo ini rupanya tengah mengikuti kegiatan belajar di luar sekolah yaitu Ekstrakurikuler.Sabtu,12/02/2022.

SDN 3 Dawuhan merupakan salah satu sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan. Setidaknya ada sebanyak 20 siswa kelas 5A dan 5B yang datang ke sekolah sore itu dengan didampingi guru kelas. Kedatangan mereka sekaligus sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Ekstrakurikuler Selain dari Kegiatan spiritual ” Akhlak kepada Allah SWT utk menumbuhkan imtaq untuk peserta didik.

BACA JUGA :
Kapolres Situbondo Safari Kamtibmas ke Pesantren Mamba'ul Hikmah

Menurut salah satu guru pendamping, Pak Andre Wali Kelas VI, selain mengenalkan alat musik gamelan, kegiatan ini sekaligus mengenalkan kepada mereka tentang tangga nada.

Dia mengatakan baru kali ini diadakannya kegiatan ekstrakurikuler kesenian karawitan, ”alhamdulillah,semoga kedepannya dengan kegigihan siswa untuk belajar ,”pungkasnya.

Seorang Siswa Tzalisa Qorin Azizah siswi kelas V, mengaku senang sekolah di SDN 3 Dawuhan ada kegiatan ekstrakurikuler Karawitan, dirinya selain bisa belajar dengan nyaman dipagi hari. Juga dapat berlatih seni karawitan. Mereka tidak menyangka bisa memainkan beberapa alat musik gamelan dirinya merasa memiliki rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang sangat kental. siswa yang ada di SDN 3 Dawuhan ini memang memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi, mereka mudah memahami not irama gending sekaligus memainkan alat musik karawitan.

BACA JUGA :
Korban Curanmor Puas Karena Barangnya Sudah Ditemukan Polres Bandar Lampung

Karawitan dapat berfungsi sebagai sarana upacara, hiburan. “Fungsi seni karawitan yang sangat menonjol adalah sebagai sarana komunikasi. Suatu bentuk seni yang berbobot harus mampu menyampaikan pesan atau berkomunikasi dengan baik”. imbuh Pak Andre.

BACA JUGA :
Wartawan Media Nasional Sibernews Berikan Sembako Kepada Keluarga Dua Wartawan Yang Saat Ini Tersandung Masalah Hukum

Pewarta : Wrd/Ben

Publisher : ars/min