banner 728x250

Harapan PJ Bupati Magetan Koprasi & UMKM Bisa Mensejahterakan Masyarakat Magetan

banner 120x600

MAGETAN, SIBERNEWS.CO.ID – Tepat pada hari ini,Minggu 29 Juli 2024 diperingati sebagai Hari Koperasi Nasional ke 77. Di Kabupaten Magetan sendiri upacara puncak peringatan Hari Koperasi dipusatkan di lapangan PSDAU ( UNESA ).

PJ Bupati Hergunadi yang bertindak sebagai pembina apel saat membacakan sambutan dari Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Menengah menerangkan jika koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.

Dalam sambutannya mengatakan, koperasi di Magetan mampu bersinergi dengan UMKM yang mampu melewati masa sulit saat masa pandemi covid 19.

” UMKM di Magetan banyak bergerak disejumlah sektor. Untuk berusaha ini juga butuh permodalan, informasi, pangsa pasar serta permodalan, Koperasi menjadi jaringan dari UMKM untuk memenuhi semua itu,” ucap usai memberangkatkan gerak jalan sehat.

BACA JUGA :
Ketua DPRD Magetan Sujatno Tanggapi terkait Kejadian di MTSN 4 Magetan.

Di tempat yang sama pula,
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Magetan Kartini mengatakan, di Kabupaten Magetan terdapat 150.000 UMKM sesuai data BPS sementara untuk koperasi di Kabupaten Magetan sebanyak 856 koperasi. Dari 856 koperasi yang masih sehat beroperasi sebanyak 521 koperasi. Lebih 300 koperasi di Kabupaten Magetan berada dalam pengawasan dinas.karena kondisinya tidak sehat. ” Tidak sehatnya karena dari sisi omset yang stagnan, tidak ada kegiatan dan teknologi dak melakukan RAT,” katanya.
Karena taka sehat dalam menjalankan kegiatannya Dinas Koperasi dan UMKM Magetan juga mengusulkan pembubaran terhadap 121 koperasi.. ” Sudah kita usulkan ke kementrian untuk penghapusan 121 koperasi.ereka punya ijin hanya usaha mereka itu tidak jalan,” imbuhnya.

BACA JUGA :
Polemik MTSN 4 Magetan Semakin Panas, Nama Yang Dicatut Pihak Sekolah Tidak Terima, Hingga Somasi Sekolah Melalui Kuasa Hukumnya

Melalui kegiatan apel Akbar dan jalan santai Kartini berharap mampu mengedukasi kepada generasi muda akan pentingnya keberadaan koperasi yang mampu mendukung perekonomian di Kabupaten Magetan.
” Harapannya banyak peserta dari generasi muda juga mengetahui bahwa koperasi mampu mendukung perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Rif )