banner 728x250

Kunjungan Dandim 0825/Banyuwangi Ke Pabrik Pengolahan Kopi Lanang Robusta PTPN 1 Regioanal 5

banner 120x600

Kunjungan Dandim 0825/Banyuwangi Ke Pabrik Pengolahan Kopi Lanang Robusta PTPN 1 Regioanal 5

Banyuwangi, SIBERNEWS.CO.ID – Komandan Kodim 0825/Banyuwangi Letkol Arh Joko Sukoyo, S.Sos. M. Han. berkunjung ke Pabrik Pengolahan Kopi Lanang Robusta PTPN 12 Malangsari Kecamatan Kalibaru.Selasa,(16-07-2024)

Dalam kunjungan tersebut Dandim Banyuwangi didampingi oleh Danramil Kalibaru dan Babinsa setempat

Dandim 0825/Banyuwangi menyampaikan Kopi lanang adalah istilah untuk menyebut biji kopi atau olahan biji kopi yang tidak berkeping dua. Dalam satu ceri kopi, umumnya terdapat dua biji, tetapi kopi lanang hanya memiliki biji tunggal. Kelainan ini sudah bisa dikenali sejak dari ceri kopi dipetik. Para petani kopi biasanya akan memilah antara biji kopi berkeping dua dan yang berkeping satu.

BACA JUGA :
Kondisi Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang Banyuwangi H-4 Terpantau Rame Lancar, Berikut Kata Syamsudin

Dandim 0825/Banyuwangi secara langsung menyaksikan kondisi kebun kopi, serta memberikan arahan dan nasihat penting terkait pengelolaan tanaman kopi.

“Kopi Lanang ini rasanya lebih kuat dan membuat kita tidak mengantuk dalam melaksanakan aktifitas itupun bagi pencinta kopi, sehingga apa yang telah terkemas dipasaran tetap mengutamakan mutu kopi, mulai dari rasa maupun biji kopi robusta dan yang lebih utama ialah tidak mengunakan zat kimia,”papar Dandim

Sementara dalam sigi keamanan kodim meminta pihak perkebunan terus melakukan komunikasi dengan pihak pihak terkait koramil maupun polsek.

“Lingkungan dan wilayah yang cenderung berada dipedalaman memang agak ekstrim, terlebih akan keamanan maka saya meminta pihak kebun terus melakukan ko. Ini kasi yang intes dengan pihak pihak terkait koramil maupun polsek kalibaru, agar apa yang menjadi rutinitas karyawan maupun warga setempat terjamin,” Terang dandim 0825/ banyuwangi

BACA JUGA :
Polresta Banyuwangi Gelar Sertijab Tiga Kasat dan Tiga Kapolsek Sekaligus kenaikan Pangkat Puluhan Anggota

Sementara pihak Ptpn 1 regional 5 kebun malangsari menyampaikan bahwa semua hal dalam bidang pengolahan kopi lanang tetap menjaga tester dan mutu di pasaran.

“Semua proses kopi lanang dari mulai biji maupun pengelolaan dalam pantau karyawan yang memang sudah bidangnya, terlebih memang sama sekali tidak menggunan bahan-bahan kimia sehingga mutu dan rasa aman dan terjamin,”Kata Santika Manager kebun malangsari

Sedangkan di bidang komunikasi pihak perkebunan akan terus meningkatkan komunkasi dengan pihak terkait.

BACA JUGA :
Guntur Priambodo Resmi di Lantik Sebagai PJ Sekretaris Daerah Banyuwangi

“Dalam hal keamanan kami selalu intens melakukan kordinasi dengan oihak koramil maupun polsek melalui babinsa dan babinkamtibmas serta meningkatan penjagaan di pos keluar masuk perkebunan,”Pungkas nya (Herman)