banner 728x250

Jambewangi Etno Carnaval, Gemuruh Suara Kemerdekaan Semarak HUT RI Ke-78

banner 120x600

Banyuwangi, SIBERNEWS.CO.ID _ Serasa tiada henti, kerarifan lokal adat dan budaya yang di angkat oleh masyarakat Desa Jambewangi, kecamatan Sempu, kabupaten Banyuwangi dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-78. Minggu, (13/8/2023).

semua bentuk aspirasi dan ispirasi menjadi satu gelaran Jambewangi Etno Carnaval (JEC). Menjadi Sarana dalam ukir kreasi karya budaya guna menghibur para pengunjung JEC 2023.

Beberapa kegiatan perlombaan telah terlaksana semenjak HUT RI ke- 78 dengan suport total pemdes jambewangi.

kepala desa jambewangi mengatakan bahwa semua kegiatan Selama HUT RI ke-78 merupakan bentuk syukur masyarakat jambewangi.

” Semua kegiatan ini memang wujud syukur atas hari kemerdekaan, mengingat apa yang kini kita nikmati warisan dari para pahlawan republik indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA :
Dibulan Ramadhan SIBERNEWS.CO.ID Biro Banyuwangi Membagikan Paket Sembako

Bukan hanya partisipasi dari warga dalam semua kegiatan, ikut sertanya beberapa lembaga pendidikan tingkat TK hingga SMP kian memperlihatkan keharmonisasian dan solidaritas dalam menjalin kebhinekaan.

“Jiwa kebhinekaan akan terus melekat, yeforia dirgahayu RI bersama sama bisa kita saksikan dan terlaksana aka jiwa nasionalisme. Terima kasih kepada pihak panitia HUT RI jambewangi yang telah berjibaku mempersiapkan segala sesuatunya,” kata Maskur.Sa.g kepala desa jambewangi

Setelah dari penyampaian kepala desa, ketua pelaksana kegiatan HUT RI ke-78 menambahkan, pihak panitia tidak membatasi peserta (regu) namun ada beberapa tata tertib yang harus diikuti.

“Tidak ada batasan untuk jumblah peserta dalam satu regu carnaval. Para peserta bebas akan membawa tema, namun dari pihak panitia tema tersebut yang tidak bertolak belaka dengan adat dan budaya. Tetap mengunakan atribut yang sopan dan indah di lihat dan yang utama tidak berbau pornografi, serta tidak mengadung ujaran kebencian.” Tambahnya.

BACA JUGA :
Kodim 0825/Banyuwangi Sukseskan Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo

Sementara, peserta yang ikut serta dalam JEC tahun ini terdiri dari puluhan regu dan telah disesuaikan oleh pihak Panpel jam pemberangkatannya dan telah di lepas langsung oleh kades jambewangi

” Pada jam pertama JEC tingkat TK dan di teruskan tingkat SLTP maupun umum. Setelah itu akan di tutup oleh pemberangkatan tingkat Umum yang lebih di dominasi dari perwakilan dusun se- Desa jambewangi.” Jelas tresno

BACA JUGA :
Pemdes Margomulyo Gelar Acara MUSRENBANDes Tahun 2023

Selama pelaksanaan kegiata JEC Panitia pelaksana telah malkukan kordinasi dengan pihak kemanan meliputi polsek Sempu, Koramil Sempu, Linmas desa guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh peserta maupun pengunjung hingga selesai. (Herman)