banner 728x250

LSM KPK dan Warga Audensi di Kecamatan, PT Bunga Mekar Industri Diminta Ditutup

banner 120x600

Jember, SIBERNEWS.CO.ID _ Warga Dusun Gundang, Dusun Semek dan Dusun Krajan, Desa Sumberjambe Kecamatan Sumberjambe kabupaten Jember, Jawa timur mengeluhkan bau menyengat dari limbah PT Bunga mekar industri. Persoalan bau, suara bising dari mesin ketika malam hari dan juga asap dari pabrik ini sudah menjadi permasalahan sejak beberapa bulan terakhir.

Ketua umum LSM KPK Nusantara yaitu Subhan Adi Handoko SH, MH. Sebagai perwakilan masyarakat melakukan audensi di kantor kecamatan sumberjambe terkait keluhan warga yang di hadiri oleh Muspika, kepala desa setempat serta direktur utama dari PT Bunga mekar industri juga turut hadir.

Subhan meminta agar supaya pabrik tersebut untuk sementara di berhentikan untuk beroperasi.

“Kami minta kepada PT bunga mekar inndustri agar segera memperbaiki terkait permasalahan tersebut dan selama PT tidak bisa membenahi apa yang sudah menjadi keluhan warga yang terdampak, kami minta agar sementara pabrik tidak beroperasi”, tegas Subhan.

BACA JUGA :
Sosperda No 4 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak Oleh DPRD Sadide Fraksi PDI Perjuangan

“Kami akan memberikan waktu pada pabrik untuk melakukan perbaikan dan selama proses perbaikan sistem itu kami sebagai warga menghimbau pada pabrik untuk berhenti beroperasi supaya pihak pabrik punya rasa tangung jawab untuk masyarakat dalam memperbaiki sistem, jadi kalau pihak pabrik sudah bisa menjamin bahwa tidak menggangu lagi silahkan beroperasi lagi,” tambah Subhan yang juga sebagai Pengacara kondang di Jember itu.

Sementara Direktur PT Bunga mekar industri yaitu Panji menyadari akan adanya kelalaian dari pihaknya.

” Kami akan melakukan evaluasi dan akan memperbaiki sistem yang ada supaya semua keluhan warga sekitar tidak terjadi, dari pihak kami akan melakukan upaya perbaikan kami perwakilan dari perusahaan juga menyampaikan permohonan maaf pada masyarakat yang terdapampak”, kata Panji kepada masyarakat dan peserta audien.

BACA JUGA :
Babinsa Pantau Pelaksanaan vaksinasi Di KUA Kecamatan Giri Banyuwangi

Karena warga yang berdatangan sangat membeludak dan memenuhi kantor Kecamatan, Kapolsek Sumberjambe, AKP Setyo Budi, S.H., menghimbau warga tidak melakukan hal hal yang merugikan dan di harapkan warga agar tetap kondusif. “Saya harap warga tetap kondusif, ini sudah difasilitasi oleh pihak Kecamatan dan apapun hasil kesepakatannya tolong sama-sama kita hargai.” Ungkap Setyo Budi.

Ditempat yang sama, Camat Sumberjambe menyampaikan,”saya sebagai Camat Sumberjambe meminta kepada PT dan Masyarakat agar supaya tetap menjalain silaturrahmi yang baik, karena bagaimanapun investor yang masuk ke Desa kita harus kita terima tetapi harus mentaati aturan yang ada baik Undang – Undang maupun aturan yang lainnya. Jadi kita berkumpul disini sepakat untuk mencari solusi bersama-sama.” Jelasnya saat memberi penjelasan di kantor Kecamatan Sumberjambe.

BACA JUGA :
Gencar, Kabid Humas Sosialisasikan Aplikasi Polri Super Apps Pada Masyarakat Lewat Radio

Meskipun audensi berjalan dengan alot akan tetapi kedua belah pihak yaitu masyarakat dan PT Bunga mekar industri menemukan kesepakatan yaitu menutup sementara pabrik tersebut dari hari Senin (5-12-22) sampai pihak PT bunga mekar industri bisa memperbaiki sistem apa yang sudah menjadi keluhan masyarakat yang terdampak. (Zen)