banner 728x250

Pembangunan Sanitasi Toilet Individu Desa Rejoso Kidul Sudah Sesuai Bestek Dan Juknis

banner 120x600

Pasuruan, SIBERNEWS.CO.ID _ Pekerjaan Pembangunan sarana dan prasarana Sanitasi Toilet Individu (Bilik, Septictank dan Sumur Resapan) di Desa Rejoso Kidul, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, dinilai sudah efektif dan efisien dengan perhitungan yang ekonamis menghasilkan bangunan yang berkualitas sesuai Bestek dan Spesifikasi Teknis standar yang berlaku.

Terbukti pekerjaan Program Direktorat Cipta Karya dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jawa Timur ini, yang dikerjakan KSM Cahaya Bagus, telah dinyatakan layak memenuhi standar tolak ukur bestek dan spek syarat teknis yang berlaku sesuai perhitungan RAB

Hal tersebut disampaikan oleh Tim Uji coba dan Uji kelayakan dari dinas terkait, secara terbuka dimuka umum dan dihadapan para Jurnalis dari beberapa Media yang hadir untuk meliput kegiatan, saat dilaksanakan Commissioning test yang dilakukan secara riil dan transparan kepada publik dengan melibatkan pihak-pihak berwenang didesa Rejoso Kidul, antaranya Anggota TNI/POLRI, Perangkat desa, Tomas , Anggota BPD dan masyarakat selaku juga bagian dari fungsi kontrol dalam setiap pembangunan yang menggunakan anggaran Pemerintah.

BACA JUGA :
TNI AL Sendang Biru Gerak Cepat Lansanakan Sar, Desa Sitiarjo

Tak hanya itu hal senada juga di sampaikan oleh Tim Pengawasan dari Direktorat Cipta Karya Kementrian PUPR Provinsi Jatim, saat melaksanakan peninjauan dalam rangka cek and ricek hasil pekerjaan memantau 41 titik bangunan ada dibeberapa dusun didesa Rejoso Kidul, pada Kamis (14/10/2022) Lalu.”dari 41 titik yang sudah bisa dibilang finish hasil cek and ricek kami secara keseluruhan sudah bagus sesuai spek dan juknis standarnya. Tapi juga masih ada dicatatan kami dibeberapa titik yang perlu untuk dirapikan dan sudah kami kasih tanda.”jelas Ketua tim.

Dalam lanjutan penyampaiannya Ketua tim juga mengatakan,”Namun apresiasi kami ada beberapa titik dari hasil uji dan cek and ricek bersama tim, ada beberapa titik yang menurut kita semua layak dan sesepakat dinyatakan sebagai percontohan. Karena jika dinilai dari standar bestek atau spesifikasi teknis kualitasnya lebih dari yang lain, beberapa itu termasuk yang di dusun Balidono.”imbuhnya.

Adapun menjawab adanya kabar yang asal tersiar, sejumlah Jurnalis dari Media Cetak dan Online melakukan klarifikasi kepada KSM Cahaya Bagus, dan dijawab dengan menunjukan bukti-bukti dokumentasi teknis baik fisik juga gambar sesuai RAB. Tak sanpai disitu dilanjutkan melihat langsung bukti riil fisik di 41 titik bangunan yang bisa dikatakan sudah finish tersebut, sekaligus untuk konfirmasi data keterngan langsung dari warga masyarakat khususnya keluarga penerimah manfaat Toilet Individu program dinas cipta karya PUPR Provinsi Jatim Tahun 2022 ini.

BACA JUGA :
Reward Bagi Anak - Anak Tertib Lalulintas Dari Unit Lantas Polsek Blimbing Polresta Malang Kota

Hasilnya didapat data informasi jelas dan trasparansi, hasil pekerjaan yang sudah sesuai spek dan juknis.”kalau dikatakan polemik tidak sesuai RAB itu ngeramalnya dari mana.?. Kami Kelompok Swadaya Masyarakat asli putra daerah. Dan yang dibangun ini untuk warga yang notabene adalah keluarga juga saudara kita sendiri. Dan lebihnya lagi demi kemajuan daripada desa kami sendiri. Kenapa tidak berfikir lebih bijak secara logika dan sedikit waras, saat meramalkan. Masak bangun rumah sendiri dicurangi sendiri kan bodoh namanya,”tandas Anggota KSM Cahaya Bagus, sembari menunjukan bukti-bukti dokumentasi pekerjaan yang disesuaikan bestek dan spek teknis dala RAB.

BACA JUGA :
Penanaman Alpukat Poktan Tunas Mekar Bersama Karang Taruna Desa Kelawi

Sementara sebagian besar masyarakat khususnya 41 warga keluarga penerimah manfaat program Direktorat Cipta Karya PUPR Jatim mengatakan, sangat bersyukur dan menyampaikan rasa beterima kasih kepada semua pihak terkait atas bantuan toilet individu yang tentu dirasakan sangat besar manfaatnya. Dan tak lupa warga juga memberikan apresiasi kepada KSM Cahaya Bagus selaku pelaksana pekerjaan yang menurut masyarakat sudah dikerjakan dengan baik, efektif dan efisien sesuai standar bestek dan spesifikasi teknis. (Sof/yah)