banner 728x250

Puluhan Remaja Dan Ranmor Diamankan Polres Pasuruan Kota Saat Patroli Cegah Balap Liar

banner 120x600

Pasuruan, SIBERNEWS.CO.ID _ Menindak lanjuti keluhan masyarakat terkait makin maraknya aksi balap liar, Polres Pasuruan Kota tingkatkan patroli keamanan dengan melaksanakan giat penertiban di sejumlah lokasi dianggap rawan balap liar diwilayah hukum Polres Pasuruan Kota.

Halmana sebelumnya keluhan tersebut disampaikan secara langsung masyarakat kepada Kapolres Pasuruan Kota, pada saat digelar giat “Curhat Jum’at Berkah” Polres Pasuruan Kota bersama masyarakat pada Jum’at (13/01/2023) bertempat di Pendopo Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dr. Raden Muhammad Jauhari, yang hadir langsung ditengah – tengah masyarakat sebagai narasumber pada saat digelarnya acara tersebut, spontanitas memerintahkan jajarannya agar segerah bertindak dengan meningkatkan patroli guna memberantas serta menertibkan aksi balap liar yang ada diwilayah hukumnya.

“Responsifitas ini, merupakan wujud dari tugas dan tanggung jawab kita sebagai anggota Polri untuk menanggapi setiap keluhan dan aduan masyarakat terutama masalah Kamtibmas,”jelasnya.

BACA JUGA :
Lagi Lagi Tim Tekab 308 Polsek Penengahan Berhasil Ringkus Dua Pelaku Pencurian

Kapolres juga menambahkan bahwa adanya aksi balap liar ini juga merupakan tanggung jawab bersama Polri dan masyarakat, untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat terutama bagi para orang tua, agar turut serta memantau dan memberikan arahan kepada anak-anaknya yang ketahuan sering pulang hinggah pagi hari karena ikut-ikutan aksi balap liar.

Adapun menjadi titik sasaran peningkatan patroli Kamtibmas yang dilaksanakan Polres Pasuruan Kota kali ini. Minggu (15/01/2023) adalah di sepanjang Jl. Panglima Sudirman, Kota Pasuruan, yang mana diketahui lokasi ini memang jadi titik kumpul dan nongkrong para kelompok remaja usia belasan tahun untuk memulai merencanakan aksi atau setidaknya ikut – ikutan menyaksikan balap liar, yang biasanya dilancarkam pada pukul 02.00 WIB dini hari, untuk menghindari dan memanfaatkam kelengahan patugas.

Namun berbeda kali ini, berdasarkan aduan serta keluhan masyarakat Polres Pasuruan Kota, bertindak lebih sigap cepat dan tepat dengan momblokade akses sepanjang jalan dan berhasil mengamankan hingga puluhan kendaraan roda dua serta didapati 54 unit ranmor roda dua tanpa surat kelengkapan.

BACA JUGA :
Kapolda Sulteng : Berakhirnya Perjalanan Askar, semoga Poso Semakin Aman dan Kondusif

Kabag Ops Kompol Tatuk Irianto, yang mempimpin langsung kegiatan mengatakan, dalam pelaksanaan giat penertiban balap liar tersebut seluruh anggota sudah dibekali dengan instruksi dan arahan agar bertindak dengan humanis serta tidak berlaku arogan.

“Seluruh anggota yang bertugas sudah dibekali agar tidak berlaku arogan, justru dari anggota yang terluka saat berusaha menghela beberapa remaja yang berusaha kabur. Semua dari hasil penertiban kita kumpulkan di Mako untuk didata. Dan setidaknya ini bisa memberikan efek jera kepada mereka agar tidak mengulangi lagi.” terangnya.

Sementara berdasarkan data yang diterima para remaja belasan tahun yang terjaring saat dilakukan penertiban adalah berasal dari luar wilayah kota Pasuruan, sebagian dari mereka memang sengaja ikut dan sebagian lainnya hanya ingin menyaksikan aksi balap liar, yang selanjutnya akan dihadirkan orang tuanya masing-masing ke Polres Pasuruan Kota pada keesokan hari untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut

BACA JUGA :
Polres Situbondo Tingkatkan Kantibmas Selama Ramadhan

“Kita akan hadirkan dan melibatkan orang tua dari semua remaja ini. Agar turut serta memproteksi anaknya atau keluarganya untuk tidak mengikuti aksi balap liar.”pungkasnya. (sofi)