banner 728x250

PG Pandjie Situbondo Tanggapi Berita Viral Diduga Air Limbah, Asmen Teknik: Itu Air Bercampur Tolato Bukan Limbah Berbahayap

banner 120x600

SITUBONDO, SIBERNEWS.CO.ID Pabrik Gula (PG) Pandjie Situbondo menanggapi berita yang viral terkait diduga limbah PG pasalnya air tersebut menghitam yang keluar dari saluran PG Pandjie, Asisten Manager Teknik Himawan Sutamto menjelaskan air tersebut tidak berbahaya karena air itu tercampur tolato yang terendap, Senin (22/7/2024).

Di sisi lain, Ketua hippa Mimbaan Situbondo H. Hari menjelaskan, air tersebut tidak ada hubungan dengan air proses pengolahan di dalam PG Pandjie, air tersebut juga oleh petani dibutuhkan untuk kebutuhan merawat tanamannya.

“Air itu tentunya dibutuhkan oleh masyarakat sehingga masyarakat gak akan rugi kalau dialiri air itu, bahkan air itu mengandung pupuk,” kata H. Hari.

Ditambahkan, Doni Manager pengolahan Doni menuturkan, untuk air yang panas yang keluar dari samping PG Pandjie sudah sesuai SOP karena batas suhu maksimal 45 derajat Celcius, sedangkan yang keluar 36 derajat celcius.

Pihak PG Pandjie juga berharap, peran serta masyarakat dalam membantu proses giling 2024 ini, karena diperkirakan giling hingga bulan Oktober awal 2024.

“Kami juga berharap masyarakat sekitar membantu kelancaran proses giling ini, karena roda perekonomian di Kabupaten Situbondo terus meningkat,” jelas Himawan Sutamto.

(Uday)