banner 728x250

LSM KPK Laporkan Tambang ILEGAL, Polisi Langsung Turun ke Lokasi

banner 120x600

Jember, SIBERNEWS.CO.ID _ Undang-Undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UU PPLH) No.32 Tahun 2009 dan Undang-Undang No.4 Tahun 2009 Tentang Minerba. Sudah mengatur aturan main tentang pertambangan terutamanya dibidang galian C ilegal (tambang pasir).

Rabu(30/11/2022), pihak kepolisian Polsek Sumberjambe bersama muspika melakukan penutupan terhadap kegiatan tambang pasir tersebut. Pasalnya, tindakan itu berdasarkan hasil laporan dari masyarakat.

Disampaikan oleh Kapolsek Sumberjambe, AKP. SETYO BUDI BUDHI, S.H., menyampaikan, ” berdasarkan laporan dari masyarakat melalui Lapdu (Laporan Dumas) terkait masalah tambang tersebut kami tindak tegas karena pertambangan ini meresahkan warga sekitar. Untuk kelanjutannya kami akan kroscek perizinannya dan jika memang tidak ada jangan harap untuk ada tambang kembali di Desa Rowosari.” Ungkap Kapolsek Sumberjambe.

BACA JUGA :
Dandim 0825 Hadiri Acara Peringatan Hari Jadi Pramuka Ke-61

Ditempat terpisah, Viktor Bayu yang merupakan anggota LSM KPK yang mengawal prosesnya penutupan tambang galian C menyatakan, “saya mengawal proses penutupan tambang ini, ada 4 titik tambang yang ditutup oleh pihak Polsek Sumberjambe. Dengan tindakan tegas dari Kepoisian, saya selalu aktifis mengapresiasi langkah tegas dari kepolisian untuk menjaga ekosistem persawahan yang produktif.” Tegas Bayu.

“Bukan hanya masyarakat Rowosari saja yang terampak akibat pertambangan ini, masyarakat Desa Sumberjambe khususnya yang hidup di sekitaran aliran sungai Rowosari – Sumberjambe, warga tidak bisa menikmati air sungai yang seharusnya jernih, karena adanya pertambangan pasir akhirnya air sungai menjadi keruh dan kotor. Semoga kepolisan Polsek Sumberjambe konsisten menyikapi tambang tersebut, karena tambang-tambang di Rowosari ini hasil pengamatan saya hanya buka tutup. Harapan saya untuk ditutup selamanya. “Pungkasnya.

BACA JUGA :
Tiga Orang Pelajar Ditangkap Satresnarkoba Polres Tulang Bawang

Dengan adanya persoalan tambang tersebut, Ketua Umum LSM KPK, Subhan Adi Handoko, SH.,MH., langsung angkat bicara, “saya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pihak Polsek Sumberjambe, hal itu menunjukkan bahwa pihak Polsek profesional dalam melakukan tugasnya. Ada laporan langsung di sikat, istimewa pokoknya. Kami selaku lembaga kontrol tidak akan membiarkan masyarakat terganggu oleh kegiatan-kegiatan tambang yang jelas-jelas merugikan masyarakat sekitar. Tegakkan hukum yang seadil-adilnya.” Tutupnya.

BACA JUGA :
Heboh Dugaan Penculikan Anak, Begini Tanggapan Kapolsek Arjasa Polres Situbondo

Pantauan media dilokasi, mesin-mesin penyedot pasir diangkut oleh Polsek Sumberjambe untuk dijadikan barang bukti (BB)