banner 728x250

Lanal Malang Lakukan Kegiatan Bersih Bersih Pantai Sendang Biru

banner 120x600

Malang, SIBERNEWS.CO.ID _ Memperingati HUT TNI AL ke 77 Lanal Malang melakukan kegiatan bersih bersih Pantai Sendang biru ini dalam “Program Laut Bersih Secara Nasional” (PORLASIH) dalam Tema Membangun Kejayaan Maritim Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermajing Wetan, Rabu (7/09/2022)

Kegiatan ini dihadiri Danlanal Malang Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari, S.Pd., M.Tr.Hanla., M.M., CRHMP. Dan Puslatpur Mar 4/Purboyo diwakili Kapten Mar Andi Basori Dantonma Puslatpur. Dansatrad 221 Ngliyep Letkol Lek Jumari. Kepala BKSDA Malang Bpk Hari Purnomo, S.P., M.Si. Kepala Perum Perhutani KPH Malang diwakili Bpk Herman, Hut. Waka Sdm. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab Malang Dinas Perikanan Kab. Malang. Kalaksa BPBD Kabupaten Malang diwakilkan Bpk Joni Samsul Hadi Sekretaris BPBD. Danramil 0818/16 Sumbermanjing Wetan. Kasatpolair Polres Malang Akp Totok. Polsek Sumbermanjing Wetan diwakili Iptu Heriani. Ketua Cabang 9 Korcab V DJA II beserta ibu ibu Jalasenastri Cabang 9 Korcab VDJA. GM Hotel Grand Mercure Bpk Sugito Adie. Camat Sumber Manjing Wetan. Ketua KUD Mina Jaya Sendang Biru Bpk Agus Harianto. Ketua Kelompok Nelayan Rukun Jaya Sendang Biru Bpk Jasworo. Kapokmaswas Sendang Biru Bpk Darmawan. Kapokmaswas Tamban Bpk Suasana Hari. Ketua KTH Maju Mapan Tambakrejo Bpk Firman. Ketua KTH Sendang Biru Bpk Yaturi. Ketua SAR PSR Sendang Biru Bpk Adisih Piereno. Kepala SMK Negeri 2 Turen. Ketua Majelis Taklim Sendangbiru Pendeta GKJW Sendangbiru. Pramuka Saka Bahari Kepala Desa Tambakrejo.

BACA JUGA :
Launching App ETWP AD dan Penyerahan Simbolis Gam PNS TNI AD

Dalam sambutannya Kolonel laut Dewi Lestari S.Pd mengatakan. Saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran kepada para tamu undangan, para peserta, panitia dan seluruh pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya (PROLASIH) ini.

Program laut bersih ini dilaksanakan serentak secara nasional di 77 titik lokasi baik di satkowil maupun satnonkowil tni al dalam rangka memperingati HUT ke 77 tahun TNI AL tahun 2022 yang bertujuan

Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan di laut. Meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam penanganan sampah di laut. Mengedukasi masyaraakat tentang pengelolaan sampah sehingga dapat mewujudkan rakyat yang tangguh dalam rangka mewujudkan Hanneg di laut, terwujudnya kemanunggalan TNI AL dan rakyat dalam rangka memelihara kelestarian laut, terciptanya kesadaran masyarakat Indonesia dalam pengelolaan sampah.

BACA JUGA :
KSKP Bakauheni Berhasil Evakuasi Korban Kebakaran Kapal Roro KMP Tranship 1

Acara ini diselenggarakan dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati HUT Ke-77 tahun TNI AL tahun 2022, yang diperingati pada tanggal 10 September 2022. kegiatan ini diikuti dari berbagai instansi pemerintah antara lain instansi TNI/POLRI, Instansi Pemerintah/ Dinas Terkait, Organisasi/ Kelompok Masyarakat, Tokoh Masyarakat Dan Saka Bahari Serta Pelajar.

Peserta Program Laut Bersih ini Pemerintah Tidak bisa melakukan sendiri perlu kerja sama antara pemerintah dengan lapisan Masyarakat untuk melestarikan Ekosistem yang seimbang upaya gerakan bersih laut Tidak boleh Berhenti Sampai Disini Harus Dilakukan secara berkelanjutan dengan Menerapkan 5r Konsep Pengelolaan Sampah yaitu

Rethink Atau Perubahan Mindset Masyarakat Bahwa Laut Bukan Keranjang Sampah. Refuse Atau Gerakan Hentikan Penggunaan Plastik Sekali Pakai (Single Us Plastic). Reduce Atau Mengurangi Penggunaan Jumlah Plastik. Reuse Atau Menggunakan Plastik Beberapa Kali Pakai. Recycle Atau Merubah Plastik Yang Masuk Ke Laut Menjadi Produk Produk Yang Bernilai Ekonomis.

BACA JUGA :
Momen Idhul Adha 1444H, Kodim 0421/Ls, Selenggarakan Sholat Idhul Adha Berjamaah Dan Penyembelihan Hewan Qurban

Marilah Kita perbanyak Berdoa, Memohon Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Agar Berkenan Memberikan Petunjuk, Bimbingan Dan Perlindungan-nya Kepada Kita Semua Dalam Melaksanakan Kegiatan Program Laut Bersih Ini Agar Berjalan Dengan Aman Dan Lancar Sesuai Diharapkan.

Pelaksanaan pembersihan bersama di Pantai Sendang Biru dipimpin Danlanal Malang. Conference Pers bersama awak media. Dilanjutkan Foto Bersama.

Hasal pantauan awak media Pelaksanaan Program Laut Bersih (PORLASIH) Secara Nasional tahun 2022 dalam rangka memperingati HUT ke 77 TNI AL, berjalan aman, lancar dan kondusif. (dwi)