banner 728x250

Kejaksaan Situbondo, Resmi Panggil Empat Saksi Terkait Dugaan Penyelewengan Tanah Kas Desa Seletreng

banner 120x600

Situbondo, SIBERNEWS.CO.ID _ Di beritakan sebelumnya Perkembangan terkait kasus penyalahgunaan pemanfaatan Tanah Kas Desa (TKD) milik Pemerintahan Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, oleh oknum Kepala Kampung yang dilaporkan oleh LSM Perkasa ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo kini telah sampai ke tahap pemanggilan empat orang saksi hari ini, keempat orang tersebut dijadwalkan hadir di Kantor Kejaksaan guna untuk dimintai keterangan lebih lengkap. Jumat ( 15/09/2023 )

Keempat orang tersebut adalah Taufik selaku Kepala Desa (Kades) Seletreng, Rudiyanto selaku Kepala Kampung Kajer, Desa Seletreng, oknum yang diduga telah menggadaikan TKD, dan Junaida selaku pihak pengambil gadai serta M. Zainullah sebagai saksi peristiwa yang mana adalah mantan Staf Pemdes Seletreng.

“Dalam hal ini Kejari Situbondo memanggil empat orang, yaitu Kades, Rudianto, Junaida dan M. Zainullah dalam rangka pengembangan kasus,” sebut H. Mohammad Sadik, Ketua Umum (Ketum) LSM Perkasa SITUBONDO yang lebih dikenal dengan sebutan Ji Sadik.

BACA JUGA :
Puluhan Atlet Lintas Provinsi Antusias Ikuti Kejurnas Duatlhon Piala Kapolres Situbondo 2024

Kasus ini berkembang setelah diketahui bahwa Rudianto diduga telah menyalahgunakan pemanfaatan tanah kas desa (TKD ) Seletreng berupa 4 petak tanah persawahan seluas ±400 m2 dengan cara digadaikan ke Junaida, warga Kampung Krajan, Desa Seletreng, dengan nominal sebesar 60 juta rupiah dalam jangka waktu 2 tahun sesuai yang tercantum dalam selembar kwitansi pembayaran bertanggal 29 Maret 2022.

Ironisnya, di dalam kuitansi itu juga terdapat tanda tangan Taufik selaku Kades Seletreng yang juga dibubuhi stempel Pemdes yang diduga dipalsukan oleh Rudiyanto. Pemalsuan tersebut diduga dilakukan untuk menciptakan situasi seolah-olah Kades turut menyaksikan dan menyetujui proses penggadaian TKD yang dimaksud.

BACA JUGA :
Polres Situbondo Bersama TNI dan Pemkab Cek Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

“Hal ini tentu saja dibantah oleh Taufik. Ia mengaku baru mengetahui jika ada TKD yang digadaikan setelah tersiar kabar di beberapa pemberitaan. Taufik langsung melakukan kroscek terhadap penandatanganan yang tertera dalam surat. Ternyata bukan tanda tangan dirinya alias tanda tangan palsu.

“Tanda tangan bukan tanda tangan saya, stempel bukan stempel yang saya pegang, soalnya stempel saya ada kode khusus,” ungkap Taufik.

Mengenai pelaporan kasus penyalahgunaan TKD ini, Ji Sadik memberikan apresiasi tinggi terhadap perhatian dan ketegasan sikap yang ditunjukkan oleh pihak Kejaksaan. Ia juga berharap bahwa Kejaksaan bisa memproses kasus ini dengan seadil-adilnya.

“Ada dua unsur di dalam pelaporan kami, yaitu penyalahgunaan TKD dan pemalsuan data dalam hal tanda tangan Kades dan juga stempel Pemdes yang dipalsukan. Mengenai sanksi terhadap pelaku, keputusannya kami serahkan sepenuhnya kepada pihak APH,” tutupnya ji sadik.

BACA JUGA :
Patroli Sahur, Polisi Bubarkan Balap Lari di Jalan Mawar Situbondo

Writer : Rama/Mindartok

Editor Rudi