banner 728x250

Jelang Uji Coba One Way Sicincin – Bukittinggi, Kombes Hilman: Kami Berikan Layanan Mudik yang Berbeda dengan Sebelumnya

banner 120x600

Sumbar, SIBERNEWS.CO.ID _ Jelang uji coba one way (satu arah) jalur Sicincin – Bukittinggi dimulai, Sabtu (08/04/2023) pukul 12.00 WIB, sejumlah petugas dari tim gabungan terlihat bersiap di Simpang Tiga Sicincin, Padang Pariaman. Uji coba dilakukan untuk pelayanan mudik yang berbeda dengan yang sebelumnya.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Jaya mengatakan, uji coba akan dimulai dalam waktu beberapa saat ke depan.

“Belum dimulai, dimulai jam 12.00 WIB, namun untuk kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang sudah kita stop dan dialihkan ke jalur Malalak agar tidak bertabrakan dengan kendaraan dari bawah (Sicincin – Bukitinggi),” ujarnya.

BACA JUGA :
Langganan Banjir Saat Hujan, Jalan di Kampung Gubernur Sumatera Barat Ini Berubah Sungai

Hilman menambahkan, usai uji coba ini pihaknya akan melakukan evaluasi dengan semua pihak.

“Hari ini kita formasi lengkap, apa kendala atau yang kurang sehingga pada saat pelaksanaan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

“Kita meyakinkan kepada masyarakat untuk memberikan kelancaran dan keamanan untuk mudik lebaran. Mudik lebaran kali ini berbeda dengan yang sebelumnya,” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sering menjadi titik kemacetan saat libur lebaran Idul Fitri, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) berencana memberlakukan jalur Sicincin – Bukittinggi menjadi satu jalur arah atau One Way.

BACA JUGA :
Mahasiswi Hankuk University Datang Ke Sumbar, Tertarik Dengan Budaya Minangkabau Untuk Penelitian

Dalam mematangkan perencanaan, Ditlantas Polda Sumbar bakal melakukan uji coba yang dijadwalkan pada Sabtu (08/04/2023).

Bagi pengendara yang akan melawati jalur tersebut, akan mengikuti uji coba ini yang dimulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Jaya mengatakan, setelah uji coba nanti, pihaknya bersama seluruh pihak yang terlibat akan melakukan pengkajian lanjutan.

Tujuannya, agar pemberlakuan nantinya bisa sesuai dengan apa yang direncanakan.

“Rencananya, untuk dari Padang menuju Bukittinggi melalui jalur yang biasa dilalui yaitu melewati Lembah Anai hingga Kota Padang Panjang, sementara untuk yang dari Bukittinggi menuju Padang akan diarahkan melewati jalur Malalak,” katanya saat dihubungi, Rabu 5 April 2023. (Cen)