banner 728x250

H.Tohari Serahkan Buku Nikah Dan Adminduk Secara Gratis Kepada Warga Bondowoso

banner 120x600

Bondowoso, SIBERNEWS.CO.ID _ Anggota DPRD Bondowoso yang juga Ketua fraksi PKB H.Tohari menyerahkan langsung buku nikah dan adminduk secara gratis kepada masyarakat, kegiatan itu berlangsung di balai desa Mengen Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso, Jumat, (7/1/2022).

H.Tohari mengatakan, dirinya menyerahkan langsung buku nikah berikut KK, KTP dan akte lahir guna memastikan hal tersebut tepat sasaran dan sampai kepada masyarakat dengan gratis.

Ketua komisi I DPRD Bondowoso itu mengungkapkan, selama ini banyak keluhan masyarakat, dimana sulit untuk mengurus buku nikah, karena kebanyakan warga yang hanya nikah siri bertahun tahun.

Bahkan, ada yang sudah punya cucu tapi status pernikahannya tetap siri. Hal itu yang menjadi salah satu faktor penyebab tidak bisa diberikan akte lahir kepada anaknya, karena ketidakjelasan orang tua di dalam administrasi kependudukan.

BACA JUGA :
Bripka Mustaqim Romli Pimpin Pendampingan Psikologi Untuk Anggota KPU Dan Bawaslu Bondowoso

Untuk itu, H.Tohari berkomitmen ke depan tidak ada lagi masyarakat Bondowoso yang nikah siri.

Langkah nyata dari H. Tohari selaku wakil rakyat yakni, berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk mengakomodir warga yang belum mempunyai buku nikah.

Alhasil, pada akhir tahun 2021 kemarin sebanyak 125 pasangan suami istri mengikuti sidang isbat nikah massal secara gratis.

“Saya tidak ingin masyarakat nikah siri, karena hal itu akan berdampak pada anaknya, secara legalitas administrasi”ujar politisi PKB dapil IV itu.

BACA JUGA :
Petani Kopi Didesa Penang Menjerit Karena Diduga Ada Pungutan Ratusan Ribu Per Petak Oleh LMDH Di Lahan Perhutani KPH Bondowoso

Saat ini, buku nikah, KK,KTP serta akte lahir diberikan gratis oleh H. Tohari, yang sebelumnya melalui proses verifikasi.

H. Tohari berharap, mayarakat akan menyadari pentingnya sebuah kelengkapan adminduk di dalam keluarga.

“Jaman sekarang ini, apa-apa kan butuh KK, anaknya mau masuk sekolah butuh akte lahir, itu penting sebagai legalitas status dalam sebuah perkawinan” ucap Tohari.

Dalam penyerahan secara simbolis buku nikah berikut adminduk di desa Mengen, H.Tohari juga melibatkan perempuan bangsa atau kader perempuan dari PKB.

Ada 34 warga Mengen ditambah enam orang dari desa Komerian yang menerima buku nikah dan adminduk gratis dari H.Tohari (red)