banner 728x250

Debat Panas Cabup Cawabup Lumajang Cak Thoriq Ning Fika

banner 120x600

LUMAJANG, SIBERNEWS.CO.ID – Penyampaian visi misi Cabup Cawabup 1, Cak Thoriqul dan Ning Fika Alhamdulilah penyampayan visi misi tuntas 2 menit.Sedangkan cabup cawabup 02 penyampaian visi misi tidak tuntas 2 menit Gedung JTV Surabaya Jawa timur,Senin(21/10/2024)malam.

Cak Thoriq mendapatkan soal tentang Pertanian lebih rendah.
Pertumbuhan sekitar 2,47% sementara sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah industri pengolahan mencatat pertumbuhan sebesar 7,30% jasa perusahaan meningkat sebesar 9,80% serta transportasi dan pergudangan mencapai 10,39%

pertanyaannya Bagaimana kebijakan dan strategi paslon dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor-sektor yang tertinggal tersebut supaya mempunyai keunggulan daya saing ?

Thoriq menjawab Soal pertanian Cak Thoriq menyampaikan, pertanian mempunyai progresitas yang cukup signifikan. Tahun 2023 rata-rata 4,95%. Betul ada persoalan, salah satunya adalah sektor pertanian. Ada berbagai masalah yang beberapa waktu lalu menjadi kendala yang sangat signifikan, salah satu adalah distribusi pupuk yang bagi petani itu sangat dirasakan, dan salah satunya adalah menurunnya produktivitas.

BACA JUGA :
Mahasiswa Beri Bunga untuk Polres Lumajang, Apresiasi Pengungkapan Kasus Ganja

Kembali ke sektor pertanian pupuk subsidi bagi para petani untuk supaya apa supaya transparan pertanian yang hari ini andalannya adalah petani yang bekerja keras maka transparansi distribusi pupuk yang hari ini harus dikendalikan oleh pemerintah daerah. betul kita tidak bisa memproduksi pupuk, tapi kebijakan daerah untuk transparan terhadap para pengendali pupuk.

Mengenalkan sejarah dan budaya lokal di tingkat pendidikan dasar dan juga menengah kebijakan untuk menjawab dan durasi 2 menit dimulai saat berbicara.

Cak Thoriq menjawab “saya tidak lagi bicara yang akan datang bagaimana festival Segoro Kopeng Kaliwungu adalah fakta bahwa topeng Kaliwungu sejak 2 tahun yang lalu telah diajarkan di sekolah-sekolah dasar dan itu menjadi fakta,sekian banyak anak-anak yang ada di sekolah dasar anak-anak yang ada di sekolah menengah pertama juga menjadi bagian dari kolaborasi seluruh saran kita semuanya mengajarkan tentang dan budaya kepada anak yang sudah mengering tahun Bagaimana menari tarian-tarian khas Lumajang dan kita semua tahu,”ujar thoriq dalam debat.

BACA JUGA :
Pemkab Lumajang lantik 10 Pejabat dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama 

Thoriq lebih dalam menyampaikan “ada salah satu kesenian yang hari ini harus intervensi total adalah kesenian jaran goyang atau kencak hari ini menjadi cara berkehidupan, antara seni dan budaya yang faktual di masyarakat. Ada banyak masyarakat yang dalam keseharian kegiatannya menghadirkan mereka itu kondisinya dari sisi yang lain bahwa toleransi hari ini betul-betul terjaga dan itu fakta di Kabupaten Lumajang, ada banyak masyarakat dari berbagai keragaman agama yang saling menghormati yang saling mendukung yang saling menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan-kegiatan keagamaan,”imbuhnya

BACA JUGA :
Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Lumajang tahun 2024

“pure mandiri menjadi banyak kebijakan lokal yang melaksanakan yang berbudaya menjadi bagian penting dari kehidupan mereka,”pungkas cak Thoriq. ( Atman )