banner 728x250

Bupati Situbondo Buka Job Fair Dan Expo 2024, Bupati Karna:Semoga Ini Menjadi Wadah Untuk Kurangi Pengangguran

banner 120x600

SITUBONDO, SIBERNEWS.CO.ID- Dalam rangka mengurangi angka pengangguran yang ada di Kabupaten Situbondo, Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Tenaga Kerja melaksanakan kegiatan Job Fair dan Expo untuk para pencari kerja, Rabu (31/7/2024).

Dalam acara job fair yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR), tampak ratusan pencari kerja yang mengajukan lamaran ke perusahaan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, pemerintah Daerah akan terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka pengangguran.

“Kegiatan ini bagus karena menghubungkan langsung antara pencari kerja dengan perusahaan, dan ini menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk menurunkan angka pengangguran dan mendongkrak perekonomian di Situbondo,” ujar Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, tren angka pengangguran terbuka di Situbondo terus menurun, pada 2021 tercatat 3,68 persen, sedangkan pada 2022 turun menjadi 3,38 persen, dan pada 2023 turun menjadi 3,37 persen.

BACA JUGA :
Polres Situbondo Imbangi Pengamanan WWF di Bali dengan KRYD

“Oleh karena itu kami terus berupaya untuk menurunkan angka pengangguran salah satunya melalui kegiatan semacam ini,” kata Bung Karna.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Situbondo, Kholil menuturkan, selain menggelar job fair dan ketenagakerjaan, pihaknya juga melaunching aplikasi Ayo Bekerja.

Lebih lanjut, Kholil menyampaikan, itu dilakukan dalam rangka menyikapi para pencari kerja di lapangan, di antaranya sulitnya mencari informasi lowongan kerja dan sulitnya memasukkan surat lamaran ke perusahaan yang membuka lapangan kerja serta lambatnya respon lamaran yang dimasukkan para pencari kerja dari perusahaan.

BACA JUGA :
Satpol PP Situbondo, Lakukan Razia Sejumlah Eks Lokalisasi Dan Mengamankan 9 PSK

“Menyikapi itulah, maka kami merancang inovasi ayo bekerja,” katanya.

Sehingga, dengan adanya inovasi ayo bekerja ini merupakan aplikasi layanan online bersama Dinas Ketenagakerjaan yang dapat dimanfaatkan bagi para pencari kerja.

“Intinya setiap hari nanti pencari kerja yang sudah login dan menjadi membernya, Dinas Ketenagakerjaan akan mendapatkan kiriman informasi lowongan kerja melalui WA,” jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan, ada sekitar 62 perusahaan yang telah masuk diaplikasi ayo bekerja itu.

“Nanti pencari kerja bisa melamar lebih dari satu perusahaan yang diminatinya dan tidak perlu membuat lamaran kembali. Setelah itu perusahaan merespon dan memanggilnya untuk diwawancara,” sampainya.

Sehingga, dari 62 perusahaan yang menjalin kerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan itu, tidak hanya perusahaan lokal, melainkan juga perusahaan di Jawa Timur dan nasional.

BACA JUGA :
Polres Situbondo Bersama TNI dan Pemkab Cek Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

“Lowongan pekerjaan yang tersedia ada sebanyak 1.786, itu yang off line maupun online,” tandasnya.

(Uday)