Bupati Lampung Selatan Hadiri Acara Keagamaan Umat Hindu Dharma, Dwijati Diksa Kesulinggihan

Lampung Selatan, SIBERNEWS.CO.ID – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto hadiri acara keagamaan Dwijati Diksa Kesulinggihan upacara pensucian umat Hindu Dharma atas nama Ida Bawati I Made Pasti. Di Dusun Yogaloka Desa Sumur Kecamatan Ketapang. Rabu, 29/11/2023.

Pada kesempatan yang berbahagia itu Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto memberikan pesan dalam sambutannya menyampaikan, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada sore hari ini dapat menghadiri acara Dwijati Diksa Kesulinggihan atas nama Ida Bawati I Made Pasti yang sudah di Diksa dan saya ucapkan selamat, berarti bertambah satu lagi Sulinggih di Kabupaten Lampung Selatan khususnya di Kecamatan Ketapang ini, saya berharap ke depannya dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Ia juga berharap para Sulinggih Pandita dapat memaknai Dwijati sebagai teladan, penuntun sekaligus penerang bagi masyarakat khususnya yang ada di Dusun Sumur maupun pada umumnya. untuk menjalankan tuntunan dalam agama Hindu juga menjadi pengayom umat Hindu Dharma.

“Saya mengajak untuk menjaga, menjadi pelopor serta menciptakan kerukunan antar umat beragama, karena masyarakat Kabupaten Lampung Selatan sangat majemuk, jadikan perbedaan menjadi satu pengikat dalam keberagaman hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kemampuan Babinsa, Kodim 0421/Ls Gelar Latihan Teknis Teritorial

Sementara Ketua PHDI Provinsi Lampung Nyoman Setiawan yang diwakili Ida Bagus Putu Mambal
menyampaikan, bersyukur dapat hadir pada Munggah Brijati, kami berkewajiban mendukung kegiatan ini kepada umat Hindu. Setiap orang umat Hindu wajib Didiksa maka tidak ada halangan untuk mensucikan diri.

” Bahwa Diksa atau itu secara terminologi merupakan pengetahuan untuk menghancurkan dosa didalam diri melalui spiritual atau upacara pensucian diri untuk mencapai tingkat Dwijati,” ucapnya

Ia menambahkan, bahwa saat ini baru 36 orang dan ditambah 1 orang pada hari ini jadi 37 orang, dari jumlah 1.700.00 orang umat Hindu di Provinsi Lampung yang sudah terdaftar di lembaga Parisade Hindu Dharma. Masih sangat minim atau kekurangan Pandita Sulinggih.

BACA JUGA :  Long Weekend Tahun Baru Imlek, ASDP Imbau Pengguna Jasa Beli Tiket H-1

“Dari Parisade umat Hindu Provinsi Lampung kami sangat mendukung bila ada umat Hindu yang akan melakukan upacara Diksa asal sesuai dengan prosedur,” pungkasnya Ida Bagus Putu Mambal.

Hingga berakhir acara berjalan dengan khidmat, lancar dan sukses serta turut hadir Forkopimda Lampung Selatan, Kapolsek Penengahan Iptu Mustholi, Camat Ketapang Rendi Eko supriyanto.S STP, Kepala Desa Sumur I Nyoman Prima Wijaya, Tokoh Masyarakat dan para Tamu undangan.(mudian)

error: Content is protected !!