banner 728x250

Babinsa Koramil Curahdami Dampingi Pelatihan Membatik

banner 120x600

Bondowoso, SIBERNEWS.CO.ID – Babinsa Jetis Kopka Jermias, anggota Koramil 0822/02 Curahdami Kodim 0822/Bondowoso melaksanakan pendampingan dalam rangka pelatihan keterampilan membuat batik kepada KKN mahasiswa fakultas Fisip Unair Jember bertempat di Balai Desa Jetis, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso, Kamis (1/8/2024).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan memberikan wawasan ekonomi kreatif bagi generasi muda khususnya para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Kopka Jermias mengatakan, “Pelatihan membatik ini sangat bermanfaat dan menambah pengalaman untuk berwirausaha bagi adek-adek mahasiswa yang sedang KKN dari Universitas Jember fakultas Fisip,” jelasnya.

BACA JUGA :
Dandim 0822 Bondowoso Tinjau Pembibitan di Makoramil 0822/02 Curahdami

Batik adalah kain yang dilukis dengan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi. Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Batik berasal dari kata ambatik yang artinya adalah sebuah kain yang memiliki banyak titik. Akhiran dari kata batik yaitu tik artinya adalah titik atau ujung yang digunakan untuk membuat sebuah titik. Jadi, membatik artinya melempar titik berkali-kali pada kain.

BACA JUGA :
Kasdim 0822 Hadiri Rakor Persiapan Pendaftaran Calon Bupati Dan Wakil Bupati Bondowoso Tahun 2024

Sebagai Babinsa, saya selalu mendukung kegiatan positif warga desa khususnya untuk adek-adek mahasiswa vdan memastikan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman,” pungkasnya. (Jasuli/haryadi).