banner 728x250

Proyek Didesa Wirowongso Ajung Diduga Asal Garap,Anggota LBH BIN Jember Angkat Bicara

banner 120x600

Jember, SIBERNEWS.CO.ID _ Diduga adanya penyalahgunaan wewenang atau jabatan terkait dana proyek drainase yang bersumber dari DD (Dana Desa) tepatnya berada di Desa Wirowongso kecamatan Ajung yang di duga kuat di lakukan oleh oknum Pegawai kecamatan yang berstatus Pengganti Jabatan (PJ).

Pekerjaan drainase yang terletak di Dusun Besuk dengan volume: P. 226 m, LB.40 cm, LA.30 cm,, T. 80 cm itu di bangun menggunakan DD tahun 2022 dengan anggaran sebesar Rp. 136.555.700,-. saat ini progres pembangunan drinase tersebut sudah terealisasi hampir 80 persen, sedangkan uang pekerjaan diduga  sudah cair seratus persen.

Dari hasil investigasi awak media ketika mendatangi salah satu tim pelaksana kegiatan tersebut adalah kegiatan atau proyek yang diduga hanya menghabiskan angaran 70% dari pagu anggaran yang terpampang di papan proyek.

BACA JUGA :
Lagi - Lagi Polresta Banyuwangi Berhasil Amankan TPSK

“Dari anggaran 136 juta itu hanya di kerjakan 70 persennya, sedangkan yang 30 persennya di minta oleh PJ, alasannya untuk di bagikan ke Pihak Terkait. jadi hasilnya di lapangan tidak sesuai dengan besarnya anggaran,” pengakuan salah satu pelaksana kegiatan

Menurut Direktur Lembaga bantuan hukum Slamet bahwa oknum PJ tersebut termasuk perbuatan melawan Hukum yaitu penyalahguna wewenang.

” Kalau oknum PJ tersebut terbukti, maka oknum tersebut bisa di jerat pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 jo UU Nomor 20 Tahun 2001, menyebutkan, “Bahwa setiap orang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama dua puluh tahun dan atau denda paling sedikit Rp 50.000.000,00 dan paling banyak Rp 1.000.000.000,00,” terang Direktur LBH BIN ini.

BACA JUGA :
Luar Biasa,Polres Bondowoso Raih Predikat Sangat Baik Kategori Pelayanan Publik di Lingkup Polri Tahun 2021

Sementara sampai saat ini awak media kesulitan untuk mengklarifikasi dan konfirmasi melalui ponsel ataupun menemui PJ yang bersangkutan secara langsung, Bersambung.

BACA JUGA :
Sebagai Bentuk Rasa Duka Mendalam Polres Pasuruan Laksanakan Sholat Ghoib Dan Doa Bersama Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

(Red)