banner 728x250

BPJS Gelar Sosialisasi Program Dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Bagi Seluruh Pelaku Olahraga

banner 120x600

LUMAJANG, SIBERNEWS.CO.ID – Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya perlindungan sosial bagi para pelaku olahraga prestasi, BPJS Ketenagakerjaan kabupaten Lumajang bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lumajang menyelenggarakan sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan di Kafe ALKA, Desa Selokgondang, Lumajang.

Acara ini dihadiri oleh berbagai atlet, pelatih dari beberapa cabang olahraga (Cabor) dan pengurus KONI setempat. Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai BPJS Ketenagakerjaan dan manfaatnya, termasuk jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun.

Ketua Umum KONI Kabupaten Lumajang, Budi Satria Andhika SE MM menyampaikan dalam sambutannya, “Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, seluruh pelaku olahraga prestasi di Lumajang dapat lebih memahami pentingnya perlindungan sosial. Dibuktikan dengan kehadiran ketua BPJS Ketenagakerjaan dalam setiap kegiatan Cabor, berarti semua kejurkab sudah mengikuti BPJS, dalam hal ini memberikan jaminan yang sangat dibutuhkan oleh para atlet dan pelatih untuk menghadapi risiko yang mungkin terjadi dalam aktivitas olahraga mereka”, ujar Budi.

BACA JUGA :
Peringati HUT RI ke-79 Sekaligus Selamatan Desa Sumbersuko Lumajang Adakan Sholawat dan Arak 43 Tumpeng Hasil Bumi

“Yang kita harapkan memang kita sendiri di lingkungan KONI Pengkab Cabor untuk mengenal lebih jauh dan mengenal lebih dalam lagi seberapa pentingnya pemanfaatan BPJS Tenaga Kerja, karena beberapa kejadian di dunia olahraga dalam pertandingan resmi maupun tidak resmi, kemudian open dan lain sebagainya, termasuk di Porprov yang selalu ada hal-hal baru yang mesti kita temui di lapangan yang tidak diinginkan. Dan Alhamdulillah dalam kejadian kemarin saat pertandingan Wushu sampai hidungnya patah, biaya operasi yang nanggung BPJS ketenagakerjaan”, ungkap Budi, Jum’at (26/07/2024).

Ketua BPJS Ketenagakerjaan, Anif Mubasir menjelaskan secara rinci mengenai program-program yang ditawarkan dan prosedur pendaftaran. “Sore hari ini kami diajak kolaborasi dengan teman-teman KONI khususnya lewat p Budi ketua KONI kemarin, menindaklanjuti kerjasama kami dibeberapa waktu yang lalu, bahwa kita mau mendorong olahraga di Lumajang ini khususnya olahraga prestasi jadi lebih profesional. Dan salah satu yang menjadi perhatian kami adalah perlindungan mereka, atlet, pelatih selama mereka dalam waktu berlatih, tiap pertandingan jangan sampai kalau terjadi resiko aktivitas olahraga yang dilakukan mereka tidak punya perlindungan BPJS”, jelas Anif.

BACA JUGA :
Gebyar Pelayanan Prima 2024 Kabupaten Lumajang, Langkah Besar Menuju Layanan Publik Terintegrasi dan Efisien

“Hari ini kami ingin memastikan bahwa setiap atlet dan pelatih terdaftar dan mendapatkan perlindungan yang layak. BPJS Ketenagakerjaan memberikan pemahaman pentingnya perlindungan sosial ketenagakerjaan untuk para pelatih, para atlet dan semu ekosistem olahraga yang ada. Tentunya secara garis besar, ketenangan saat mereka berlatih, saat mereka bertanding harapannya mereka bisa total saat pertandingan untuk meraih prestasi. Karena semua resiko yang timbul akibat kegiatan olahraga prestasi ini, entah itu kecelakaan kerja atau kematian semuanya sudah diberikan perlindungan oleh Jaminan sosial tenaga kerja”, pungkas Anif.

BACA JUGA :
33 Polwan Polres Lumajang Ikuti Donor Darah, Tunjukkan Kepedulian di Hari Jadi Ke-76

Mulai dari risiko kecelakaan saat latihan dan pertandingan, hingga jaminan hari tua bagi mereka yang telah purna bakti.
Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh pelaku olahraga prestasi di kabupaten Lumajang dapat lebih tenang dalam berlatih dan berkompetisi, karena telah terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan prestasi olahraga di kabupaten Lumajang secara keseluruhan.

Reporter : Atman/Tono