banner 728x250

PSSI Sayangkan Tragedi Di Stadion Kanjuruhan Malang, Berikut Kronologinya

banner 120x600

Malang, SIBERNEWS.CO.ID – Mungkin ini adalah tragedi sepakbola paling berdarah yang pernah terjadi di Malang. Suporter mengamuk pasca kekalahan Arema FC 2-3 atas rivalnya Persebaya Surabaya, pada lanjutan laga Liga 1 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

Usai pertandingan sebagian penonton berlari masuk dalam lapangan. Petugas kepolisian pun langsung menembakkan gas air mata kepada penonton yang masih di dalam lapangan dan ke arah tribun.

Pada pukul 01.00 WIB tersiar kabar bahwa sebanyak 40 suporter meninggal serta dua aparat kepolisian melalui grup Whatsapp. Sekitar 100 orang pun dilaporkan menjalani perawatan di RSUD Kanjuruhan dan RS Wava Husada.

Menurut sejumlah saksi mata, para penonton yang kecewa nekat masuk ke dalam lapangan dan melakukan pengrusakan. Mereka pun terlibat bentrok dengan aparat yang berusaha melakukan penamanan. Disinyalir karena situasi yang makin tak terkontrol, polisi kemudian menembakkan gas air mata.

BACA JUGA :
Anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi PAN, H. Ahmat Fitoni Gelar Reses

Kepulan asap gas air mata membuat kerumunan penonton berhamburan mencari jalan keluar. Situasi saling bedesakan ditambah asap gas air mata diduga menjadi penyebab sejumlah penonton tak sadarkan.

Banyaknya penonton yang pingsan, membuat kepanikan di area stadion. Jumlah korban yang membutuhkan bantuan medis tidak sebanding dengan jumlah tenaga medis yang disiagakan di Stadion Kanjuruhan.

FIFA Melarang Penggunaan Gas Air Mata
Berdasarkan aturan FIFA yang tercantum dalam FIFA Stadium Safety and Security Regulations pada pasal 19 poin b, disebutkan bahwa sama sekali tidak diperbolehkan mempergunakan senjata api atau gas pengendali massa.

BACA JUGA :
Wartawan CNN Resmi Melaporkan Oknum SPBU Batuan, Dugaan Pencemaran Baik

Tembakan gas air mata membuat banyak penonton mengeluh sesak nafas, dan terinjak-injak saat berusaha meninggalkan tribun stadion. Dikutip dari Antara, kondisi di luar stadion hingga Minggu dini hari (2/10/2022) sekitar pukul 00.23 WIB dinihari, terlihat truk hilir mudik mengangkut suporter yang membutuhkan perawatan.

Arema FC Dihukum Satu Musim
Tak menunggu lama, terkait insiden ini PSSI langsung mengeluarkan hukuman dengan melarang Arema FC menjadi tuan rumah sampai Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 ini.

“Tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam laman PSSI, Minggu (2/10/2022).

Iriawan mengatakan, PSSI menyesalkan peristiwa yang menimbulkan korban jiwa tersebut dan menegaskan dukungan kepada polisi guna menyelidiki kerusuhan berdarah ini.

BACA JUGA :
Senam Kebugaran Jasmani Menjalin Sinergitas Antar Instansi

PSSI pun telah membentuk tim investigasi yang segera berangkat ke Malang, guna menemukan gambaran utuh mengenai kejadian yang disebut salah satu yang terburuk dalam sejarah sepakbola di Indonesia tersebut. (Red)