9 SMKN di Kabupaten Banyuwangi Laksanakan LDKSB 2023 Guna Mengasah Karakter Kreatif Dan Inovatif

Banyuwangi, SIBERNEWS.CO.ID – program LDKSB (Latihan Dasar Kepemimpinan siswa Bersama) kembali di gelar oleh Sekolah Menengah keatas Negeri (SMKN) SE-kabupaten Banyuwangi, bertempat di bumi perkemahan gumuk kancil di Desa Bumi Harjo, kecamatan Glenmore, Selama 3 hari kedepan sejak hari ini 21 Oktober sampai dengan tanggal 23 Oktober mendatang.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membentuk kepribadian para peserta didik yang matang untuk menjadi pemimpin yang berkarakter, demokratis, kreatif dan inovatif. Kegiatan LDKSB ini dihadiri oleh Dewan Guru, Pembina OSIS, panitia pelaksana dan 9 pengurus OSIS se-kabupaten Banyuwangi. Sabtu (21/10/2023)

Substansi LDKSB didapatkan dari aktivitas yang dilakukan selama kegiatan. Misalnya pemaparan teori yang melatih aspek kognitif serta mengasah kegiatan praktik yang melatih aspek psikomotorik, dan outbond yang melatih aspek afektif.

BACA JUGA :  Panit Bimas Lawang, bersama Tiga Pilar Lawang Panjatkan Doa Bersama Untuk Korban Dalam Tragedi Kanjuruan

Ketua panitia pelaksana LDKSB H Parman mengatakan bahwa kegiatan LDKSB di ikuti oleh 9 lembaga pendidikan tingkat SMKN di kabupaten Banyuwangi.

“Kegiatan LDKSB di ikuti oleh 9 SMKN. Dengan total peserta sebanyak 263 meliputi 127 laki-laki dan 136 perempuan serta 36 senior dengan mengikutsertakan 4 senior perwakilan OSIS. Yang akan lebih di matangkan lagi dalam karakter, demokratis, kreatif dan inovatif sebagai bekal figur seorang pemimpin,” ujar Parman

Kegiatan LDKSB sendiri di resmikan langsung oleh kepala cabang wilayah pendidikan (Kacabwildik) kabupaten Banyuwangi, wilayah Jawa timur. Dengan mengangkat tema” untuk membentuk jiwa pemimpin yang berkomitmen pada nilai-nilai profil pelajar Pancasila”

BACA JUGA :  Gelar HUT SMAN 1 Sumbermanjing Wetan yang Ke-19

Dalam penyampaian Kacabwildik M. jainuri menekankan agar apa yang menjadi tema mampu di terapkan sebagai dasar pemimpin dengan segudang prestasi.

“Kegiatan LDKSB merupakan bentuk kontribusi menjadi seorang pemimpin yang memiliki dasar komitmen luar biasa, dengan semua suport pihak pendidikan,”kata kacabdik

Kacabdik menambahkan” bentuk kedisiplin bisa di aplikasikan melalui kegiatan ini, aktif melakukan jiwa Pancasila dengan segala bidang materi karakter, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab,”imbuhnya

BACA JUGA :  Bentuk Generasi Sehat, Babinsa Kodim 0421/Ls Dampingi Petugas Berikan Layanan Posyandu

Selain memberikan idukasi kepada seluruh peserta LDKSB. Kacabdin berharap setelah ini ada terobosan forum OSIS SE- kabupaten Banyuwangi.

” Dengan adanya forum OSIS nantinya semua kegiatan yang berkaitan dengan program pendidikan bisa terakomodir dengan baik, meskipun dari pihak SMK swata yang ikut serta tergabung di dalam forum tersebut justru akan menambah dinamika pendidikan kian hidup dan bersahaja,” pungkas kacabdin M Jainuri.spd. mpd

Dalam sesi acara kegiatan LDKSB berlangsung, tersirat kepedulian akan lingkungan dengan simbolis penanaman pohon durian oleh kacabdin dan ketua MKKS Banyuwangi bersama rombongan serta pelepasan merpati sebagai tanda di resmikan nya giat LDKSB 2023. (HERMAN)

error: Content is protected !!